Saturday, June 30, 2007

You are what you read....

Sepanjang yang saya ingat, saya mulai suka membaca sejak bisa membaca. Mungkin sekitar kelas 1 SD. Waktu itu, saya mulai dengan majalah Bobo. Bapak memberikan saya majalah Bobo sampe saya kelas 6. Ibu pernah cerita, waktu pertama kali saya bisa membaca, saya akan membaca apa saja yang bisa saya baca. Headline pada sobekan koran, tulisan nan mencolok pada billboard di pinggir jalan, spanduk, bahkan nama bus.

Kelas 4 SD, saya mulai mengenal Lima Sekawan karya Enid Blyton.
Ke Bukit Billycook adalah petualangan Julian, George, Anne dkk yang pertama kali saya baca. Hampir semua seri 5 sekawan sudah saya baca. Tentu saja, komik macam Donal dan Asterix pun tidak ketinggalan untuk saya lahap. Saya masih ingat benar, sebelum saya kelas 6 SD, semua buku di perpustakaan sekolah saya sudah "habis" saya baca. Saya biasa nongkrong di perpustakaan SD di istirahat pagi maupun istirahat siang, bahkan masih belum puas, dan disambung sepulang sekolah. Itupun pulangnya masih menenteng 2 buah buku, untuk dibaca di rumah. Oliver Twist karya Charles Dicken pun bisa saya baca, dari perpustakaan SD ini. Guru-guru SD saya semuanya tau, kalo saya seneng banget nongkrong di perpus. Pernah, suatu hari, saat istirahat, saya keasyikan membaca sampai tidak menyadari bel masuk sudah berbunyi. Anehnya, guru-guru yang melihat saya sedang asyik membaca pun membiarkan saya tenggelam dalam bacaan. Akhirnya, sampe waktunya pulang, saya benar2 tidak mengikuti pelajaran!

Menginjak SMP, di samping menghabiskan Lima Sekawan, saya pun mulai mengenal Trio Detektif. Sepertinya, sepanjang masa SMP sampai dengan pertengahan SMA, koleksi buku saya mulai agak stagnan. Saya mulai sibuk nongkrong dengan teman-teman, sehingga waktu membaca jadi agak berkurang. Ketika menginjak SMA kelas 3, suhu politik di negeri ini sedang panas-panasnya. Krisis ekonomi tengah memuncak, memicu krisis politik dan krisis kepercayaan kepada Soeharto. Demo-demo bermunculan, dan entah darimana asalnya, datanglah tokoh-tokoh baru yang tampil di pentas nasional. Perkenalan saya dengan bacaan-bacaan yang sangat berbau politik pun dimulai.

Dunia mahasiswa. Saya mulai berkenalan dengan filsafat. Diawali dengan Dunia Sophie-nya Jostein Gaarder. Sebuah novel filsafat yang sederhana, mudah dicerna tapi mencakup keseluruhan filosof-filosof penting yang pernah lahir, dari sejak Socrates sampe Soreen Kiergaad (duh, ngejanya bener ga tuh?). Entah bagaimana, saya pun bisa "menemukan" seorang Gede Prama. Banyak tulisannya yang mencerahkan, dan mungkin menjadi awal pergulatan intelektual sekaligus spiritual saya. jarang ada penulis Indonesia yang bisa menampilkan intelektualitas segaligus spiritual dalam setiap tulisannya. Oya, dalam jagad fiksi dan sastra, saya juga mulai mengenal Pramudya Ananta Toer. kalo tidak salah, teman2 HMI yang mengenalkannya pada saya. Saya kira, Pram adalah penulis terbesar Indonesia, sampai saat ini. Masterpiece-nya, Tetralogi Pulau Buru (Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, Rumah Kaca) telah membawanya menjadi nominator Nobel Sastra sampai beberapa kali.

Bisnis & Entrepreneurship. Tipping point saya terjadi pada sekitar tahun 2003. Masih mahasiswa waktu itu. Seorang teman meminjamkan buku Rich Dad Poor Dad-nya Robert Kiyosaki. Buku tipis itulah yang mengubah sudut pandang saya secara radikal. Hampir semua seri Rich Dad sudah saya koleksi. Sekarang, buku-buku bisnis, manajemen, investasi maupun finansial mendominasi koleksi saya. Beberapa diantaranya adalah harta karun, hasil pemikiran dari tokoh-tokoh yang sangat visioner, seperti Prof. W. Chan Kim (Blue Ocean Strategy) dan Bill Gates (Bussiness @ the Speed of Thought). Yang masih berhubungan, seperti buku motivasional untuk menguatkan mental juga tidak ketinggalan untuk melengkapi koleksi saya.

2 comments:

Mohammad Helman Taofani said...

Lho mana lanjutannya bos??? Anyway, visit juga donk ke blog gueeeh....

http://helmantaofani.blogspot.com

sourceid said...

Dijual CD kumpulan e-book dan refrensi kecerdasan finansial oleh Robert T. Kiyosaki
http://aneka-cd.t35.com/cd_rk.php