Wednesday, July 25, 2007

Guru sukses ada di mana-mana....

Sore tadi, saya diajak seorang teman menemui seorang pengusaha yang bergerak di bidang jasa konstruksi.

Skala usahanya? Sudah bisa dibilang miliarder. Proyeknya bertebaran di mana-mana. Yang terbaru adalah proyek pembangunan sebuah hotel beberapa lantai.

Beliau cerita, memulai menjadi TDA pada tahun 94, setelah sebelumnya menjadi karyawan selama 2 tahun.

Saya takjub, untuk ukuran usahanya yang sudah demikian besar, masih mau berbagi ilmunya dengan saya dan teman saya yang masih "hijau". Baru-baru ini, dia jg mulai bermain sebagai developer kecil-kecilan, dan baru saja menjual 2 buah rumah yang dibangunnya sendiri masing-masing seharga 600 juta. Masih ada 2 rumah yg sudah hampir selesai dibangun, sudah diiklankan di koran, dengan kisaran harga juga sekitar 600 jutaan.

Proses dirinya menjadi seorang pengusaha yang mandiri sangat menginspirasi. Dia tidak dilahirkan dari keluarga yang berada. Kuliahnya dulu di Teknik Sipil Petra Surabaya pun dibiayai oleh pamannya. Dia juga menyinggung, karena prosesnya yang benar-benar berangkat dari nol itulah, hingga dia tidak pelit membagikan ilmunya dengan kami.

Dengan mantap dia berkata pada kami, "Kalian belajarlah. Mulai dari yang kecil-kecil dulu. Saya dulu juga begitu."

Ah, Tuhan sudah mengirimkan seorang guru lagi. Saya jadi ingat sebuah pepatah bijak (saya lupa darimana, mungkin salah satu dari Zen?) "Ketika Sang Murid Siap, Datanglah Sang Guru"

Benar. Ketika saya baru mulai berpikir ke arah sana, saya seperti ditunjukkan jalan ke Pak Roni, Pak Purdie, Candra dan yang lain-lainnya.

Subhanallah.

No comments: