Friday, July 27, 2007

Apa Profil Saya ?

Tulisan ini saya kutip dari sini. Yang nulis adalah Jenderal TDA alias Pak Roni.

Dalam berbisnis, ternyata setiap orang memiliki 8 kecenderungan alami yang berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lainnya. Peluang untuk sukses lebih besar jika kita paham betul dengan kecenderungan/bakat/profil alami kita itu.

Nah, 8 profil alami tersebut adalah :


1. Creator
2. Star
3. Supporter
4. Deal Maker
5. Trader
6. Accumulator
7. Lord
8. Mechanic

1. Creator. Orang seperti ini diwakili oleh Bill Gates, Walt Disney, Richard Branson dan sebagainya. Mereka adalah orang-orang kreatif dan banyak idenya. Mereka akan terus berkreasi dengan apa pun yang dimilikinya, meskipun terbatas. Mereka fokus di sisi kreatif saja dan menyerahkan pekerjaan lainnya kepada supporter atau mechanic dan lainnya.

2. Star (bintang), contohnya adalah Oprah Winfrey, David Beckham, Inul dan sebagainya. Mereka menjadi magnet bagi uang. Personal branding mereka kuat dan melekat pada dirinya. Uang didapatnya ketika ia tampil di pentas. Biasanya mereka ini adalah orang-orang yang ekstrovert, suka tampil di depan orang banyak.

3. Supporter (pendukung). Diwakili oleh Jack Welch (mantan CEO GE), TP Rachmat (Astra). Mereka suka memimpin orang, adalah manajer yang handal dan hebat dalam mengelola perusahaan.

4. Deal Maker, contohnya adalah Donald Trump, Li Kashing. Mereka suka bernegosiasi sampai titik darah penghabisan. Akalnya ada 1001 untuk mendapatkan best deal.

5. Trader (pedagang), contohnya adalah George Soros, Theo F. Toemion. Mereka mencari produk dengan harga murah dan bisa dijual harga tinggi. Timing adalah salah satu kunci keberhasilannya. Visinya adalah jangka pendek. Yang penting beli di harga sekian dan jual di harga sekian.

6. Accumulator, tokohnya adalah Warren Buffet, Robert Kiyosaki. Mereka suka mengumpulkan aset, menunggu dengan sabar sampai harganya tinggi dan menjual atau mendapatkan cashflow dari aset itu.

7. Lord, mereka adalah orang yang suka dengan detail, suka menghitung dengan matang dan jeli, pintar merekayasa keuangan. Profil ini diwakili oleh Andrew Carnegie, Laxmi Mittal, Sandiaga Uno dan sebagainya. Mereka bisa membangun kekayaan dengan modal nol.

8. Mechanic. Orang tipe ini adalah para pembuat sistem dan mengembangkannya. Contohnya adalah Ray Kroc (Mc Donald's), Sam Walton (Wal Mart) dan sebagainya. Mereka selalu berpikir bagaimana agar sistem bisnisnya menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

Apakah tipe profil yang cocok untuk anda? Silakan tentukan sendiri di mana kecenderungan anda. Tidak mutlak harus kuat di satu profil saja. Bisa jadi ada 1 yang kuat dan 2 lainnya mendukung.

Orang yang sudah mengetahui profilnya, ibarat berjalan di jalan tol bebas hambatan.

Orang yang belum ketemu profilnya, ibarat berjalan di jalan kampung yang berliku-liku alias banyak trial dan errornya.

Kalau anda sudah tahu di mana profil anda, enak sekali. Anda tinggal fokuskan saja di situ.

Contohnya Inul. Dia hanya fokus latihan goyang dan nyanyi aja. Dia tidak mikirin bagaimana menjual karcis, bagaimana menata panggung, bagaimana band pengiringnya dan bagaimana membuat deal dengan event organizernya. Semua pekerjaan itu dilimpahkannya kepada ahlinya.

Dia hanya fokus di panggung saja sebagai star.

Coba bayangkan seandainya semua hal itu dilakukannya sendiri saja. Kebayang nggak bagaimana pusingnya.

Kemarin siang saya bertemu dengan seorang supplier saya yang agak bermasalah. Masalah utamanya adalah dia merangkul semua profil itu di dalam dirinya alias "one man show".
Akibatnya, kepalanya hampir "pecah" kelebihan beban. Dia adalah direkturnya merangkap kreatif merangkap produksi merangkap pemasaran merangkap bagian keuangan merangkap bagian purchasing merangkap deal maker.

Menurut saya dia adalah seorang deal maker. Dia cukup fokus di bidang itu saja dan menyerahkan seluruh pekerjaan lainnya kepada orang lain. Masalahnya, dia adalah orang yang perfeksionis, tidak mudah percaya kepada orang lain. Nah, ini sih soal mind set yang salah.

Ada juga teman saya yang memaksakan diri jadi pedagang. Padahal dia adalah tipe mekanik yang kuat di sistem. Tau sendiri kan apa cerita selanjutnya? Ya, gagal tentu saja. Dia paksakan terus buka dagangan lain dan berakhir dengan kekecewaan yang sama.

Makanya, saran saya pakailah kaidah tukang kayu: ukur 2 kali, potong 1 kali. Renungkan dulu sampai ketemu bakat alami anda. Kemudian fokuslah di sana dan kembangkan bakat itu untuk membangun kekayaan anda.

Kedelapan profil yang diwakili oleh tokoh suksesnya itu membangun kekayaannya dengan caranya masing-masing. Tidak semuanya harus menjadi pedagang.

Temukan bakat alami anda, fokus, serahkan sisanya kepada ahlinya. Dan anda pun insya Allah akan berada di jalan tol menuju kekayaan yang diidam-idamkan.

1 comment:

Helman Taofani said...

Kayaknya gw tipe suporter deh...hehehehe. Jadi inget Eureka...